Taman Menanti Laburan dan Taman Burung Hutan Kota, Juara Lomba Destinasi Wisata Disporapar Tabalong

Taman Menanti Laburan dan Taman Burung Hutan Kota, Juara Lomba Destinasi Wisata Disporapar Tabalong

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG – Dari 10 finalis lomba destinasi wisata, Disporapar Tabalong, Taman Menanti Laburan dan Taman Hutan Burung Kota berhasil menjadi juara untuk kategori yang berbeda.

Taman Menanti Laburan di Desa Padang Panjang, Kecamatan Tanta, terbaik untuk kategori destinasi wisata berkembang.

Untuk juara kedua, Taman Sapana di Desa Pematang, Kecamatan Banua Lawas dan juara ketiga Riam Bidadari di Desa Lumbang, Kecamatan Muara Uya.

Sementara itu, Taman Burung Hutan Kota di Desa Belimbing Raya, Kecamatan Murung Pudak, meraih penghargaan untuk kategori destinasi wisata percontohan.

Baca juga: Peringati Hari Ibu ke-94, Bupati Tabalong: Bentuk Mengenang Perjuangan Seorang Perempuan

Baca juga: Lembaga Adat Dayak Maanyan Warukin Terima Hibah Mobil Operasional dari Pemerintah Kabupaten Tabalong

Dengan juara kedua, wisata alam atau geopark di Goa Liang Tapah, Desa Garagata, Kecamatan Jaro dan juara ketiga, wisata Danau Tanjung Puri Indah, Desa Kasiau, Kecamatan Murung Pudak.

Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah dilakukan Kamis (15/12/2022) di Taman Burung Hutan Kota Tanjung dengan disaksikan Plt Kadisporapar Tabalong, H Abdurakhman.

Kepala Dinas Pariwisata Disporapar Tabalong, Lilis Marta Diana, Jumat (16/12/2022), mengatakan lomba ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan, mengembangkan dan memajukan serta memotivasi objek daya tarik wisata (ODTW).

“Juga untuk pemulihan ekonomi pascapandemi dan pemanfaatan sumber daya manusia untuk tempat wisata sehingga dapat meningkatkan kunjungan dan mempromosikan kegiatan kreatif di ODTW,” ujarnya.

Baca juga: Tangkap Pelajar Pengedar Narkoba, Satnarkoba Polres Banjarbaru Musnahkan Barang Bukti

Adapun untuk lomba ini, ketentuannya antara lain menjadi destinasi wisata dengan Pokdarwis yang aktif, minimal terdaftar, terdaftar dan aktif selama kurang lebih dua tahun serta aktif menyampaikan laporan dan data kunjungan wisatawan setiap bulan.

Peserta lomba adalah wisata milik daerah, wisata geopark, wisata pendidikan atau keluarga mandiri serta wisata yang viral dan digandrungi pengunjung.

Rencananya ke depan kompetisi destinasi wisata akan diperluas ke dalam kategori, salah satunya dengan memasukkan kategori wisata religi.

Mengingat di Tabalong juga terdapat beberapa wisata religi yang sudah dikenal banyak orang.

(banjarmasinpost.co.id/donyusman)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *