Anak Perusahaan Grup Astra Argo Berdayakan Warga Lokal Menjadi Tenaga Kerja – ANTARA Kalsel

Anak Perusahaan Grup Astra Argo Berdayakan Warga Lokal Menjadi Tenaga Kerja – ANTARA Kalsel

Dua anak perusahaan Grup Astra Agro Lestari, yakni PT Subur Agro Makmur (SAM) dan PT Tri Buana Mas (TBM) memberdayakan warga sekitar Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan untuk menjadi tenaga kerja di perusahaan perkebunan sawit tersebut.

Administrator PT SAM, Martuah Nasution di Kandangan, Kabupaten HSS, Sabtu mengatakan, operasional Grup Astra di HSS mempekerjakan 1.100 karyawan, termasuk memberdayakan warga setempat.

“Grup Astra saat ini memiliki sekitar 43 perusahaan kelapa sawit, dan untuk HSS kami memiliki sekitar 1.100 karyawan. Karyawan ini juga merupakan penduduk lokal di sekitar perusahaan yang kami berdayakan, agar mereka dapat bekerja dan berkarir di perusahaan tersebut,” ujar Martuah.

Baca juga: PT Tri Buana Mas Gelar Pelatihan Komite Sekolah Binaan

Martuah menyempatkan diri untuk bertemu dengan sejumlah wartawan di HSS, Hulu Sungai Tengah (HST), dan Tapin, guna menjalin sinergi dengan media di wilayah binaan perusahaan.

Martuah juga mengajak dan membuka kesempatan bagi wartawan yang ingin melihat langsung kondisi perkebunan sawit di wilayah operasional PT SAM dan PT TBM.

Sementara itu, Community Development Officer (CDO) PT SAM, Joko Sambodo Paulus mengatakan, kegiatan tersebut untuk lebih mengenal media sebagai mitra korporat Grup Astra.

Joko mengatakan, kegiatan ini bisa dilakukan setelah pandemi COVID-19 mulai mereda di Indonesia.

Baca juga: PT SAM nyatakan siap dukung program Adipura Pemkab HSS

Administrator PT SAM, Martuah Nasution saat memberikan sambutan di Kandangan,
Kalimantan Selatan, Jumat (17/3/2023). (ANTARA/Fathur)

Tim Humas HO Astra Agro Lestari, Dinasary Haritsyah menyambut baik pertemuan antara perwakilan perusahaan Grup Astra dengan wartawan di daerah, karena agenda ini sudah lama dijadwalkan namun bisa terlaksana akibat pandemi COVID-19.

“Ada beberapa kendala yang kami hadapi di masa pandemi sehingga baru bisa melaksanakan silaturahmi ini. Pada kesempatan yang baik ini, kami bisa berkenalan dengan para wartawan di wilayah HSS, Tapin dan sekitarnya,” ujar Dinasary.

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) HSS, Irfan mengapresiasi langkah perusahaan Grup Astra yang telah mendukung berbagai kegiatan jurnalistik di HSS, HST, dan Tapin.

Irfan berharap komunikasi dan hubungan baik selama ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

Humas PT TBM, Juhdi menambahkan, kegiatan ini juga penting bagi perusahaan untuk menjalin kemitraan dengan wartawan di Tapin.

“Alhamdulillah saya bisa berkumpul dan berkenalan dengan rekan-rekan dari berbagai media. Kebetulan saya juga baru bekerja di PT TBM yang berlokasi di Kabupaten Tapin,” ujar Juhdi.

Turut hadir dalam acara tersebut, PIC Fire Protection PT SAM Reza Syahrial beserta manajemen dari PT SAM dan PT TBM, wartawan dari unsur PWI HSS dan ASWAT Tapin, serta Sekretaris PWI HST, M Taupik Rahman.

Baca juga: PT Subur Agro Makmur adakan peringatan Isra Mi’raj

Tim Humas HO Astra Agro Lestari, Dinasary Haritsyah menyerahkan cinderamata kepada wartawan
dalam kegiatan silaturahmi di Kandangan, Kalimantan Selatan, Jumat (17/3/2023). ANTARA/Fathur

Reporter: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan

HAK CIPTA © Berita ANTARA Kalimantan Selatan 2023

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *