Di Bulan Ramadan, Ibadah Umroh Pahalanya Setara Ibadah Haji

Di Bulan Ramadan, Ibadah Umroh Pahalanya Setara Ibadah Haji

Ponorogo.suara.com – Kehadiran Bulan Ramadan yang tinggal menghitung hari memang menjadi kebahagiaan Umat Islam. Tidak sedikit masyarakat berondong-bondong melakukan berbagai persiapan untuk menyambut bulan suci tersebut.

Semarak dalam menyambut bulan Ramadan juga terjadi di industri travel umroh yang dimana penyedia jasa tersebut banyak menyediakan paket spesial.

Mengutip dari laman islam.nu.or.id, dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dikatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: Melakukan umrah di bulan puasa Ramadhan sama atau menyamai ibadah haji.

Artinya: Dari Ibnu Abbas RA ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: Umrah di bulan Ramadhan menyamai ibadah haji. (HR Ibnu Majah).

Baca Juga: Susah Payah Tundukkan Wakil China, Hendra/ Ahsan Melaju ke Final All England 2023

Sabda Rasulullah SAW ini dengan sangat jelas atau gamblang menunjukkan keutamaan atau anjuran untuk menjalankan ibadah umrah di bulan Ramadhan. Sebab, dalam hadits ini dikatakan bahwa ibadah umrah yang dilaksanakan di bulan puasa Ramadhan sama atau menyamai haji.

Lantas, apa yang dimaksudkan dengan menyamai ibadah haji? Abdurrauf al-Munawi dalam At-Taysir bi Syarhi Jami‘is Shaghir menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan ibadah umrah di bulan puasa Ramadhan sama dengan ibadah haji adalah dari sisi pahalanya. Hal ini berarti bahwa ibadah umrah di bulan puasa Ramadhan tidak dengan serta merta menggugurkan kewajiban haji.

Artinya: (Maksudnya) adalah dari sisi pahalanya, bukan dari sisi umrah (di bulan Ramadhan) menggugurkan kewajiban haji karena menurut ijma’ ibadah umrah tidak bisa menggantikan posisi haji wajib. (Lihat: Abdurrauf al-Munawi, At-Taisir bi Syarhi Jami‘is Shaghir, Riyadh-Maktabah al-Imam as-Syafi‘i, cet ke-2, 1408 H/1998 M, juz II, halaman: 288).

Berangkat dari penjelasan singkat ini, maka setidaknya dapat dipahami anjuran untuk menjalankan ibadah umrah di bulan Ramadhan, yaitu karena pahalanya sama dengan pahala haji. Hal tersebut sebagaimana dikemukakan dalam salah satu hadits yang dikemukakan di atas. Kendati pahalanya sama dengan haji, tetapi tetap saja tidak dengan serta merta menggugurkan haji wajib.

 Namun demikian, betapa beruntungnya umat Islam yang dapat melaksanakan ibadah umrah ketika memasuki bulan Ramadhan. Karenanya, sudah selayaknya selama pelaksanaan ibadah umrah tersebut bisa mengisi dengan ibadah terbaik. Wallahu a’lam.

Baca Juga: Bendung Katulampa Berstatus Siaga 3, Warga Jakarta Diminta Waspada

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *